Infeksi Saluran Kencing

Tanya:

Assalammu’alaikum pak dokter.

Nama saya ibu Ani, 37 tahun. Kebetulan saya kerja sebagai pegawai administrasi di perusahaan swasta. Saya mau nanya, kenapa sejak 3 hari yang lalu mengeluh anyang-anyangen. Kalau kencing sedikit-sedikit dan kadang nyeri. Oh ya, saya juga menderita keputihan pak dokter. Kira-kira gimana solusi dari keluhan kencing saya tersebut. Terima kasih.

Wassalammu’alaikum pak dokter.

 Jawaban:

Infeksi Saluran Kencing (Sistitis)

Infeksi Saluran Kencing (Sistitis)

Wa’alaikumussalam bu ani.

Kemungkinan ibu ani menderita infeksi saluran kencing. Infeksi saluran kencing memang sering banget diderita oleh wanita. Kenapa ? karena saluran kencing (uretra) wanita sangat pendek, yaitu sekitar 2-3 cm, sehingga memungkinkan kuman dari luar masuk ke kandung kemih, akibatnya kemudian terkena infeksi saluran kencing. Bandingkan dengan uretra pria yang panjanganya 13 cm atau lebih. Faktor resiko lain adalah kurang minum dan mobilisasi; apalagi pada pegawai kantoran yang duduk seharian dan kurang minum karena seharian di ruang ber-AC, semakin mempermudah untuk timbulnya infeksi saluran kencing tersebut.  Karena air kencing akan lebih pekat dan tertimbun di kandung kemih, karena kurangnya minum dan bergerak. Selain dua faktor di atas, hal yang tak kalah pentingnya adalah keputihan bu. Kuman atau jamur dari (maaf) vagina akibat keputihan tersebut sangat mudah masuk ke saluran kencing dan berkembang di kandung kemih.

Solusi untuk hal tersebut di atas, coba sering minum air putih 1-2 liter sehari dulu bu. Kita obserasi sampai 2 hari, diharapkan dengan minum air yang banyak tersebut akan membuat produksi urine juga banyak, sehingga secara mekanis akan membilas saluran kencing, termasuk membersihkannya dari kuman. Memang akan mengganggu ibu, karena akan bertambah sering frekuensi kencingnya. Apabila 2 hari tidak ada perubahan, yaitu masih nyeri, maka sebaiknya segera periksa laboratorium, yaitu urine rutin. Kemudian periksa ke dokter terdekat. Dokter biasanya akan merekomendasikan pemberian antibiotik dari jenis cotrimoxazol atau ciprofloxacin 2 kali sehari 5-7 hari. Semoga jawaban saya membantu bu.

Berbagi info kebaikan dengan yang lainnya: